Sabtu, 03 Januari 2009

Peringkat Perusahaan Terpercaya 2008

Pada 4 Mei – 14 November 2008, majalah SWA dan The Indonesian Institute for Corporate Governance melakukan riset tentang penerapan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Gorvernance). Melalui GCG image suatu perusahaan dilihat dalam pelaksanaan prinsip-prinsip TARIF (Transparency, Accountability, Responsibility, Independency, Fairness).

Meskipun riset tersebut hanya bersifat potret umum yang tidak merefleksikan kondisi yang sebenarnya di Indonesia (mengingat GCG yang sebenarnya harus dilihat dari kacamata pemerintah, perusahaan, dan masyarakat), ada hasil yang cukup mengejutkan karena Jamsostek berada di peringkat 15 mampu melampaui Pertamina di peringkat 18. Memang agak sedikit kontra dengan hasil Pertamina yang mendapat predikat Good Performance pada Indonesia Quality Award (IQA) 2008, artinya tidak ada korelasi langsung antara GCG dengan penilaian kinerja ekselen.


Rasanya fakta tersebut bisa jadi pembenaran bahwa perusahaan yang berkinerja ekselen apabila tidak menjalankan tata kelola perusahaannya dengan baik bisa berujung pada kehancuran perusahaan, sebagai contoh saja kasus Enron yang merupakan raksasa bisnis yang hancur gara-gara manipulasi laporan keuangan.

Suatu fakta lagi yang bisa dijadikan pembenaran bahwa untuk menjadi perusahaan yang sukses adalah perusahaan yang Tbk, karena dengan Tbk perusahaan forced by system untuk melakukan GCG kalau tidak mau harga saham mereka anjlok dengan sendirinya karena sangat dipengaruhi oleh kepercayaan shareholders dan stakeholders mereka.

Lalu bagaimana dengan sepak terjang PLN dalam menyikapi hal tersebut ? Suatu langkah awal yang baik PLN sudah memulai mengikuti kaidah-kaidah kinerja ekselen melalui IQA selanjutnya tahun 2009 dan tahun berikutnya adalah proses pembenahan internal melalui strategi implementasi GCG pada perpektif learning and growth yang telah dijabarkan pada Rencana Jangka Panjang (RJP) 2007 – 2011.

Jika tidak mau tertinggal terus oleh BUMN-BUMN lain, rasanya sudah cukup bagi PLN untuk tertidur pulas dan bangkit dari image yang buruk di masyarakat. Monopoli bukan berarti harus pasif terhadap ekspektasi shareholders dan stakeholders, melainkan untuk mengambil peluang agar tetap menjadi market leader pada bidang ketenagalistrikan dengan kualitas world class company.

Peringkat Perusahaan Terpercaya 2008 :

1. PT Bank Mandiri Tbk, Predikat : Sangat Terpercaya
2. PT Bank CIMB Niaga Tbk, Predikat : Sangat Terpercaya
3. PT United Tractors Tbk, Predikat : Terpercaya
4. PT Aneka Tambang Tbk, Predikat : Terpercaya
5. PT Adhi Karya Tbk, Predikat : Terpercaya
6. PT Tambang Batubara Bukit Asam Tbk, Predikat : Terpercaya
7. PT Krakatau Steel (Persero), Predikat : Terpercaya
8. PT Indosat Tbk, Predikat : Terpercaya
9. PT Bank NISP Tbk, Predikat : Terpercaya
10. PT Wijaya Karya Tbk, Predikat : Terpercaya
11. PT Elnusa Tbk, Predikat : Terpercaya
12. PT Bank DKI, Predikat : Terpercaya
13. PT BFI Finance Indonesia Tbk, Predikat : Terpercaya
14. PT Angkasa Pura II (Persero), Predikat : Terpercaya
15. PT Jamsostek (Persero), Predikat : Terpercaya
16. PT Kawasan Berikat Nusantara (Persero), Predikat : Terpercaya
17. PT Citra Marga Nushapala Persada Tbk, Predikat : Cukup Terpercaya
18. PT Pertamina (Persero), Predikat : Cukup Terpercaya
19. PT Bakrieland Development Tbk, Predikat : Cukup Terpercaya
20. PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Predikat : Cukup Terpercaya
21. PT Panorama Transportasi Tbk, Predikat : Cukup Terpercaya

Keterangan :
• Terseleksi 28 peserta dan pada putaran akhir terseleksi 21 peserta yang menjadi peserta Corporate Gorvernance Perception Index (CGPI).
• Penilaian CGPI meliputi 4 tahap dengan bobot : self assessment (15%), kelengkapan dokumen (25%), makalah (12%), observasi (48%). CGPI adalah rata-rata dari tahapan tersebut.
• Predikat : Sangat Terpercaya (85 – 100), Terpercaya (70 – 84,99), Cukup Terpercaya ( 55 – 69,99)

Referensi :

1. SWA

Penulis : Ridho Hutomo. Praktisi dan Analis SDM.

4 komentar:

Anonim mengatakan...

PLN mah kurang dipercaya masyarakat, lihat aja korupsinya mark up keliatan nyata banget..

Anonim mengatakan...

pak,saya ingin tau skor perusahaan yang mendapat peringkat CGPI

randy87 mengatakan...

mohon tanya, untuk data peringkat perusahaan terpercaya untuk tahun 2005 sampai 2007 ada tidak ya? kalo bisa minta link nya untuk data tersebut, dan juga untuk tahun 2009 apakah sudah ada penilaian nya? terima kasih

Sisca mengatakan...

pak, kalau saya mau tau skor pada CGPI 2007 yang siselenggarakan pada tahun 2008 ada tidak ya.. atau dimana saya bisa mengaksesnya.. terima kasih